Sabtu, 10 Januari 2009

Asal mula kata Israel:

Bisa ditelusuri dari cerita Abraham. Semula Abraham dengan istrinya tinggal didaerah yang subur/makmur di Mesopotamia(kini Iraq) yang diapit oleh dua sungai: Tigris dan Eupherate.
Suata saat Abraham disuruh pindah oleh Tuhan ke Kanaan dekat Jerusalem dan Tuhan akan memberkati Abraham. Kitab Kejadian 12 : 1 dan 2 sbb.: Berfirmanlah Tuhan kpd Abraham: Pergilah dari negerimu dan sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini kenegri yang akan Kutunjukkan kepadamu.
Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyur; dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang2 yang memberkati engkau dan akan mengutuk orang2 yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum dimuka bumi akan mendapat berkat.


Tapi keadaan Abraham dan istrinya Sarai saat itu sudah sangat lanjut dan secara akan manusia mustahil akan menghasilkan turunan. Sarai berinisiatip mengusulan pada Abraham untuk mengambil Hagar orang Mesir sebagai istri untuk merealisir janji Tuhannya.Waktu Hagar hamil maka terjadilah “perang antara istri” Hagar merasa unggul dan Sarai merasa terdesak. Maka diusirnya Hagar. Dalam perjalanannya Hagar ditemui oelh malaikat yang mengatakan: Kembalilah kenyonya kamu(Sarai), biarkanlah engkau ditindas dibawah kekuasaannya.
Malaikat itu berlanjut: Aku akan membuat sangat banyak keturunanmu, sehingga tidak dapat dihitung karana sangat banyaknya.”
“Engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki2 dan akan menamainya Ismail …..
Seorang laki2 yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu ; tangannya akan melawan tiap2 orang dan tanga tiap2 orang akan melawan dia, dan ditempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya.”

Setelah Hagar melahirkan anak laki2 yang dinamai Ismail, 13 tahun kemudian Sarai melahirkan Iskak.
Keturunan Isamil dan Iskak ini yang kemudian akan merupakan benih pertikaian memperebutakn tanah Kanaan/Jerusalem.

Singkatnya Iskak melahirkan Jacob. Jacob yang curang dan licik dengan bantuan ibunya membohongi Iskat yang sudah lanjut dan tidak bias melihat lagi untuk mendapatkan hak berkat kesulungan dari saudara tuanya, Essua.
Atas kelicikan dan perbuatannya yang tidak berkenan pada Tuhannya, maka diutuslah malaikan dan menegur Jacob. Jacob menyesal akan perbuatnya dan tidak melepaskan /dalam pergulatan dengan malaikat sebelum ada pernayataan/kepastian bahwa penyesalanya diterima. Atas ketekunan dan kebulatan hatinya yang kuat inilah namanya dirubah menjadi ISRAEL.
Karena nama Isreal ini yang akan menjadikan bangsa yang dipakai untuk memperbaiki manusia seseuai dengan kwalitas manusia mula2 diciptakan..

Jacob dengan beberapa istrinya melahirkan 12 anak laki2.
Anak yang bernama Joseph merupakan favorit Jacob yang membuat saudara2 sirik. Joseph dijual dan berakhir jadi pejabat tinggi di Mesir. Jacob berhasil menjadi petinggi Negara karena tingkah laku dan imannya yang patuh pada Tuhannya.

Suatu ketikan diKanaan dimana Jacob dan 11 anaknya tinggal mengalami kelaparan yang luar biasa. Diutuslah anak2 Jacob ke Mesir untuk mencari makanan. Dari situlah akhirnya Joseph berhasil memboyong keluarganya ke Mesir. Karena jabatan Joseph maka Jacob dengan keluarganya bias menempati daerah yang subur di Mesir, Goshen namanya. Ternyata dari kenikmatan dan kesuburan tahan di Goshen berakhir menjadi tanah tahanan bagi kaum Israel.

Dari situlah maka cerita berlanjut sampai lahirnya Musa yang membawa keturunan bangsa Israel keluar dari tahan perbudakaannya dari Mesir.

Musa memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir dan menggembara selama 40 tahun di belantara tanah Arab.
Pengembaraan ini merupakan filter kebudayaan,kepercayaan akan dewa2 Mesir dsb. Dikikis dari orang2 setengeh umur , sehingga yang masuk ke tanah Kanaan adalh generasi mudanya yang lebih steril dari pengaruh Mesir.

Setelah tiba di tanah yang dijanjikan dan mengalami ups and downs nya akhirnya Israel bias mngukir dalam sejarah raja2 David, Salomon yang terkenal besar ,jaya, bijaksana dan membangun Jerusalem.

Setelah pemerintahan Israel ditangan anak Salomon (lupa) kejayaan Israel redup bahkan akhirnya terjadi perang/pertempuran antara mereka sendiri dan musuh2 dari luar, antara lain, Junani, Romawi, Arab, dsb. Dizaman penjajahan Romawi lahirlah Jesus dan pengikut2nya yang kemudian dinamaka Kristen. Kalau membaca atau nonton film2 Romawi, misalnya The Roman, Quo Vadis, Ben Hur, Gladiator, Spartacus dsb. Maka mau tidak mau kita dibawa di era kesengsaraan kaum Israel. Sampai pada Mei 1948 , negeri Israel terbentuk , setelah hamper 2000 tahun

Zionis:
Berasal dari kata Zion, nama bukit dekat Yerusalem.
Kadang2 kata Zion diidentikkan dengan Negara Israel.
Zionis adalha gerakan untuk mendirikan Negara Israel yang telah hilang sejak 2000 thn lalu. Gerakan Zionis ini tdk pernah surut.
Waktu tahan Palestina dijajah oleh Turki(Ottoman Empire) bangsa Israel sudah memulai membeli tanah2 yang mereka anggap sebagai milik leluhur mereka.
Kegiatan pembelian tanah inipun dilakukan dengan penduduk suku Arab.

Setelah Ottoman Empire hancur di PD I, wilayahnya dijaditakan protektorat bareng2 antara Inggris dan Perancis yang dimandatkan oleh badan dunia kala itu, Liga Bangsa2?
Maka terbentuklah negara2 Suriah, Lebanon, Yordania.
Sedang sisa tanah Palestina , setelah PD II dibagi 2 antara Israel dan Palestina. Isreal menerima putusan PBB itu,dan memproklamirkan terbentuknya Negara Israel Mei 1948, tapi Palestina yang didukung oleh segenap negara2 islam tidak mau ada Negara Yahudi di tanah Palestina. Sebetulnya bangsa yang namanya bangsa Palestina itu tidak pernah ada.
Tanah Palestina memang ada dan ini meliputi sebagian daerah2 Syria, Lebanon, Jordan bahkan sampai Arab.Kalau kini pemerintah Palestina mau mengclaim, bisa juga ke Syria, Lebanon dan Jordan. Tidak hanya ke Israel.
“Bangsa Palestian” bentukan kepentingan politik yang sampai kini merupakan issue yang rancu.

1 komentar:

chris jazzy mengatakan...

Hmmm saya sangat tertarik dengan artikel ini...selain kupasan sejarah kitab suci juga ada tolak ukur sejarah dunia...
Saya sependapat dengan anda mengenai tidak ada titik temunya israel dan palestina ini...
Apakah ini peperangan antara keturunan Ishak dan Ismael..."Who Knows"....(Nabi Aja bisa berbuat keliru yach ....hahahhahaha)
Tapi saya juga punya tolak ukur nih....coba lihat di alkitab tepatnya di Ulangan pasal 7....di sini juga kita bisa lihat bodohnya orang israel pada waktu itu.... Tidak mentaati point di atas tersebut...Jadinya ya seperti ini.... gak ada penyelesaian...
Tapi saya yakini kalau kisruh israel dan palestina ini benar" slesai ..ya Kiamat dech.... c u..