Sabtu, 10 Januari 2009

Peringati Hari Kesehatan Dengan Donor Darah

Mahasiswa peduli ni.. Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, UMM bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Malang mengadakan kegiatan donor darah bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa, Senin (20/10). Kegiatan yang dilaksanakan di koridor GKB I diikuti oleh 28 orang dari target 50 kantong darah yang disediakan oleh PMI. Acara ini didukung oleh bulletin Media Kesehatan (Dinkes kota Malang), dimulai pukul 09.30 – 12.00.


Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan darah. Darah tersebut akan dibawa ke PMI di jalan Buring no 10 untuk diproses dan disimpan. Proses uji laboratorium dilakukan untuk mengetahui apakah darah pendonor bebas dari sipilis, hepatitis B, C dan HIV. Kegiatan semacam ini tidak bisa diikuti semua orang. Ada beberapa persyaratan yang harus ditaati. Salah satunya adalah berat badan yang harus sesuai dengan ketentuan.

Bagi peserta yang sudah mendonorkan darahnya, disediakan roti, susu, dan vitamin untuk membantu memulihkan kondisi tubuhnya. “Saya tidak takut ikut donor darah, karena memang sudah terbiasa sejak SMA” ujar Syafril mahasiswa komunikasi. Ia berharap nantinya ada kegiatan serupa yang bisa digunakan mahasiswa untuk meningkatkan kepedulian sosial.. (van)


Tidak ada komentar: